News

TRIP 5 TEMPAT IBADAH bersama KOMUNITAS BHINEKA

Blog Single

Pada kamis 25 mei 2017 Peace Generation  bersama Komunitas Bhineka mendampingi anak-anak yang berasal dari 5 agama yang berbeda untuk berkunjung ke 5 tempat ibadah. Tempat ibadah itu diantaranya,  Pure Wira Satya Dharma, Masjid Al-Ukhuwah, Vihara Vimala Dharma, Gereja Kristen Indonesia, Gereja Katolik Katedral St. Petrus

Kegiatan yang dihadiri 30 anak-anak yang berasal dari 5 agama berbeda beserta 5 pendamping ini bertujuan menghadirkan pemahaman baru tentang persepsi perbedaan agama yang selama ini tumbuh dalam benak anak-anak tersebut.

Komunitas Bhineka yang didirikan oleh pak Ali dua bulan yang lalu ini terinspirasi dari program serupa yang diadakan bu Waylin di Jakarta. Saat itu, ketika berkunjung ke Lembah priok, salah satu tempat di tanjung priok, ada anak yang ketakutan dan berkata “orang-orang yang berjubah-jubah itu kan yang sering melakukan kekerasan”. 
Ketika mengetahui anak tersebut ketakutan, ibu-ibu disana menghibur anak tersebut dan menyemangati bahwasanya orang-orang tersebut baik, dan akhirnya anak tersebut tersenyum. 

Disanalah terjadi transformasi dalam dirinya, bahwasanya tidak semua orang seperti itu. Hal tersebutlah yang mengispirasi pak Ali untuk melakukan kegiatan serupa di Bandung. 

Para orang tua percaya bahwasanya ini adalah kegiatan yang baik, karena ketika yang nasrani ke masjid, mereka bukan untuk ibadah disana, tapi ini hanya sebuah pembelajaran saja. Bangsa kita ini bangsa yang besar, kita mempunyai berbagai suku, dan 6 agama yang diakui oleh negara. Maka, akan sangat sayang sekali jika hanya mengetahui satu suku dan saatu agama. Tujuan dari komunitas Bhineka ini adalah untuk mengajak anak-anak untuk melihat serta merasakan sendiri keberagaman agama yang ada, tidak hanya belajar dari buku. Komunitas Bhineka mengajak Peace Generation untuk berkolaborasi mengintegrasikan kegiatan bersama dalam pengajaran 12 Nilai Dasar Perdamaian.
 

Posted by Admin

Administrator